Oleh Ust. H. Rafiq Jauhary

Tour Leader Bertaqwa


Tidak hanya di Indonesia, di Makkah pun hampir setiap tahun ada restoran yang ngehits dengan berbagai keunggulannya. Dulu restoran hadramaut di Aziziyah Syamaliyah yang paling dikenal dengan ruangannya yang luas, ada bagian indoor dan outdoor. Menu yang ditawarkan lebih banyak mengacu pada gaya Hadramaut, Yaman.


Kemudian ada trend Kabsah Hasyi yang punya menu andalan unta muda. Cabangnya ada di beberapa lokasi di kota Makkah. Ada juga restoran Reydan yang sempat bertahan cukup lama menjadi rujukan kuliner di Makkah, menunya beragam, tempatnya pun relatif cukup bersih.


Kini al-Romansiah di depan Bawarith Aziziyah Syamaliyah yang sedang mengambil hati penduduk Makkah. Cek lokasinya disini https://goo.gl/maps/LHWh6UZBySTqQo966


Sedikit info tentang Restoran Al Romansiah yang menarik untuk Anda ketahui.


Restoran al-Romansiah telah mengantongi dua sertifikat ISO 22000:2015 tentang Food Safety dan ISO 9001:2008 tentang quality management. Jadi secara umum restoran ini menjadi yang paling unggul dibanding restoran di Makkah pada umumnya yang masih terkesan tradisional.


Bangunannya besar tiga lantai. Lantai dasar untuk pemesanan take away sekaligus untuk dapur dengan kaca besar sehingga para pelanggan dapat melihat langsung kegiatan dapur modernnya (open kitchen). Lantai dua area makan dan meeting room. Kemudian lantai tiga area makan khusus untuk putri atau untuk keluarga.


Didirikan di kota Riyadh sejak tahun 1997, hingga saat artikel ini ditulis restoran ini telah memiliki 42 Cabang di hampir seluruh Kota di Arab Saudi. Bukan suatu hal yang mustahil jika kedepan restoran ini bisa mengungguli Albaik yang pada 2021 lalu memiliki 120 Cabang (Albaik didirikan tahun 1974).


Restoran al-Romansiah juga telah mengembangkan teknologi Informasi sedemikian rupa, memiliki aplikasi di android maupun smartphone dengan pembayaran cashless.